Cara Ampuh Cepat Lunasi Hutang

Solusi Melunasi Hutang

Cara ampuh agar hutang anda lunas dengan cepat.


Bagaimana kabar anda di awal tahun 2016 ini? Masih terbelenggu dengan tumpukan hutang? Jika iya, tips-tips berikut boleh jadi layak untuk anda baca. Berikut adalah beberapa cara ampuh dalam melunasi hutang secara cepat :

Rubah mindset anda sekarang juga. Kita semua pasti menyadari jika memiliki banyak hutang sangatlah tidak enak. Tapi banyak dari kita yang merasa enggan untuk "kehilangan" benda berharga yg kita miliki. So, mulai sekarang ubah mindset tersebut!

Sebelum melanjutkan, silakan baca ini dulu (PENTING):
Pedoman WAJIB Yang Harus Anda Miliki Agar Hutang Lunas Hingga Tuntas

Lebih baik tidak punya apa-apa daripada punya apa-apa tapi banyak hutang. Lebih baik kita mulai hidup dari 0, sambil terus bekerja, beribadah, dan menabung. Niscaya kehidupan dan masa depan anda akan menjadi lebih baik. (Baca juga: JANGAN Beli Motor Secara Cash)

1. Jika kita sudah memiliki niat yang kuat dan mindset seperti di atas, segera tulis daftar hutang-hutang anda. Ini penting agar anda bisa memetakan prioritas hutang mana yang akan anda bayar / cicil terlebih dahulu.

2. Berhematlah dalam segala hal. Rasanya tidak sulit jika anda sudah mempunyai mindset seperti yang saya sebutkan di atas. Jangan lupa, niat yang kuat juga penting. Bulatkan tekad agar anda dapat melunasi hutang dengan cepat.

3. Melunasi hutang dengan cepat bukan berarti anda harus mencari uang jumlah besar dalam satu waktu. Itu salah besar. Jika anda masih berpikiran seperti itu, pasti anda akan terjebak di metode gali lubang tutup lubang. Metode tersebut tak akan menyelesaikan masalah. Cara terbaik dalam melunasi hutang adalah dengan berhemat, menjual barang berharga yang anda miliki, serta tetap fokus bekerja dan beribadah. Misal jika anda sedang mengangsur motor / mobil, segera kembalikan kendaraan tersebut ke leasing. Resikonya anda akan kena blacklist. Tapi tak masalah, karena anda bisa berhemat sekian Rupiah setiap bulannya. Uang yg tadinya untuk angsuran kendaraan tersebut bisa anda tabung untuk kemudian anda belikan kendaraan bekas yang harganya murah. Ingat, lebih baik tidak punya apa-apa daripada punya apa-apa tapi dikejar hutang.

4. Pendinglah hutang-hutang besar anda. Seringkali kita dihadapkan pada hutang besar yang harus dilunasi saat ini juga. Kondisi seperti inilah yang biasanya membuat kita terjebak dalam sistem gali lubang tutup lubang. Jika anda ingin melunasi hutang dengan cepat, JANGAN gunakan sistem tersebut. Cara terbaik adalah dengan menundanya. Toh, niat kita kan bayar hutang, bukannya lari. Sesuaikan dengan kemampuan kita dalam mencicil hutang tersebut setiap bulannya. Baca juga: Cara mudah menghitung bunga pinjaman.

5. Lalu bagaimana jika pihak pemberi hutang tidak mau kompromi? Mereka tetap ingin dilunasi sekarang juga. Sekali lagi saya katakan, JANGAN sampai anda melakukan gali lubang tutup lubang. Cara terbaik adalah nekat. Resikonya anda akan sering didatangi penagih hutang. Jangan takut, hadapi saja. Niat kita kan melunasi hutang tersebut (dengan mencicil), bukannya lari.

6. Hadapi penagih hutang tersebut dengan berani, sopan, dan jangan pernah berbohong. Jangan pernah menjanjikan sesuatu yang mustahil kepada penagih hutang. Juga jangan pernah menghindar dari mereka. Karena dua hal tersebut justru dapat memperburuk keadaan. Hadapilah penagih hutang dengan baik. Utarakan kondisi keuangan anda yang sebenarnya. Anda bisa berkata, "Kondisi keuangan saya tidak memungkinkan untuk melunasi hutang ini sekarang. Saya akan mencicilnya sebesar sekian Rupiah per bulan atau per minggu."

7. Jika si penagih hutang tetap mendesak / memaksa dan tak mau kompromi, jangan takut! Maka dari itu penting untuk merekam segala aktivitas anda dengan si penagih hutang. Ingat, anda niatnya melunasi (dengan mencicil), bukannya lari. Begitu pula jika mereka mengancam akan melaporkan anda ke Polisi / menuntut anda ke meja hijau. Jangan takut. Proses hukum juga butuh waktu. Sambil menunggu proses tersebut anda bisa tetap fokus bekerja dan berdoa sambil mencicil hutang tersebut. Dan anda pun akan tetap aman karena anda sudah mempunyai rekaman pembicaraan dengan si penagih hutang. Selain itu anda juga sudah mencicil. Jadi jelas bahwa niat anda adalah melunasi hutang tersebut, bukannya lari atau mau menipu. Baca: Cara Cerdas Menghadapi Debt Collector

8. Fokus bekerja dan perbanyak pendapatan anda! Gunakan uang dari hasil berhemat dan menjual barang-barang berharga tadi untuk modal usaha. Sekecil apapun itu, putarlah uang tersebut agar bisa menghasilkan penghasilan tambahan untuk anda. Lakukan dengan konsisten agar anda dapat mencicil hutang-hutang anda hingga lunas. Baca juga: Cara Mudah Melunasi & Menutup Tagihan Kartu Kredit

9. Cara yang terakhir adalah dengan beribadah sesuai dengan kepercayaan anda dan selalu mensyukuri sekecil apapun nikmat yang diberikan Tuhan. Percayalah, Tuhan pasti berikan yang terbaik bagi kita selama kita pantas untuk menerimanya. Buatlah diri anda pantas untuk menerima nikmat-nikmat Tuhan. Terakhir, sesulit apapun hidup kita, ingatlah bahwa masih banyak orang yang hidup jauh lebih sulit daripada kita.

Demikian cara ampuh dan cepat dalam melunasi hutang. Semoga bermanfaat. Salam mapan - demi masa depan keuangan yang lebih baik! (ctr)

BACA JUGA
Cara Pinjam Uang Di Koperasi Simpan Pinjam
Menghemat Pengeluaran Dengan Beli Pulsa / Rokok Secara GRATIS
Penghasilan Tambahan Yang HARUS Anda Coba Sekarang Juga
Mau Pinjam Dana Tapi Nggak Punya Jaminan? Bisa!
Yuk, Jadi Pengangguran Banyak Acara (Pengacara) Yang Sukses!
Cara Menghindari Besar Pasak Daripada Tiang
Beli Ponsel Tak Perlu Baru
Cara Cepat Kaya Dari Hasil Kontes Desain Logo Internasional