Cara Cerdik Menghadapi Debt Collector

Cerdik Hadapi Debt Collector

Salah Langkah Bisa Runyam


Kata debt collector atau penagih hutang tentu sudah tak asing lagi di telinga kita. Mereka bertugas menagih hutang / cicilan kepada nasabah yang telah melewati tanggal jatuh tempo pembayaran. Kebanyakan orang takut dan menghindar dari si penagih hutang dengan alasan belum punya uang untuk membayar cicilan.

Sebenarnya menghindar adalah cara terburuk dalam menghadapi debt collector. Bukannya menyelesaikan masalah, justru membuatnya semakin runyam. Berikut adalah beberapa cara cerdik dalam menghadapi debt collector:
  1. Pada dasarnya, debt collector adalah sebuah profesi. Jadi pahamilah jika para penagih hutang tersebut sedang menjalankan kewajibannya dalam mencari nafkah. Hargai mereka selayaknya kita menghargai profesi lainnya. (Baca juga: Gaji Hanya Numpang Lewat? Ini Solusinya)
  2. Jawab SMS / angkat telepon dari debt collector. Jangan pernah sekalipun menghindar. Berikan jawaban yang realistis dan apa adanya. Jangan memberikan jawaban atau janji yang tak mungkin bisa kita tepati. Jangan takut untuk berkata jujur karena niat kita di sini bukannya lari, namun ingin melunasi hutang sesegera mungkin sesuai kemampuan keuangan anda.
  3. Temui debt collector. Jika mereka mendatangi rumah / kantor anda, jangan pernah bersembunyi. Temui mereka dengan tenang, berani, dan bicaralah baik-baik. Sekali lagi jangan pernah memberikan janji yang tak mungkin bisa anda tepati. Jangan takut.
  4. Khusus untuk kasus penagihan kartu kredit, jangan pernah mau bila anda disuruh menandatangani surat perjanjian. Tidak ada hukum tertulis yang mengikat anda, jadi mereka meminta anda menandatangani surat perjanjian agar mereka memiliki bukti hukum tertulis untuk mengikat anda. (Baca juga: Cara Melunasi Tagihan Kartu Kredit)
  5. Selalu rekam setiap kali anda berinteraksi dengan debt collector. Tujuannya agar anda memiliki bukti fisik bahwa anda tidak menghindar. Bukti bahwa anda berniat melunasi hutang sesegera mungkin sesuai dengan kemampuan keuangan anda.


Demikianlah beberapa cara cerdik dalam menghadapi debt collector. Semoga bermanfaat. Salam mapan, demi masa depan keuangan yang lebih baik. (ctr)