Cara Pinjam Di Koperasi Simpan Pinjam

Proses Pinjaman

Koperasi Simpan Pinjam


Bertepatan dengan malam takbiran Idul Adha kali ini, tim Ayo Mapan - Tips Perencana Keuangan Keluarga ingin memberikan sedikit gambaran mengenai proses meminjam uang di koperasi simpan pinjam.

Artikel kali ini masih sama seperti artikel-artikel sebelumnya, yakni didasari oleh pengalaman kami. Bukan dari sekedar teori ataupun berdasarkan ilmu perekonomian dan sebagainya. Karena pada intinya, tim Ayo Mapan berkomitmen untuk memberikan solusi keuangan keluarga anda berdasar kisah nyata / pengalaman kami. Sesuatu yang real terjadi di kehidupan, bukan hanya sekedar teori.


Langsung saja, berikut adalah cara / proses meminjam uang di koperasi simpan pinjam berdasarkan pengalaman kami:

1. Jika anda sudah mempunyai teman / kerabat yang kenal dengan marketing koperasi simpan pinjam, silakan hubungi mereka untuk minta data kontaknya. Jika belum, ada bisa berkunjung langsung ke kantor koperasi simpan pinjam.

2. Sampaikan maksud anda untuk meminjam uang di koperasi tersebut. Biasanya, koperasi simpan pinjam menetapkan batasan jumlah pinjaman kepada nasabah yang baru pertama kali meminjam. Besarnya bervariasi, ada yang maksimal Rp 500.000, ada yang Rp 1.000.000, atau bahkan ada yang hanya Rp 200.000.

3. Siapkan fotokopi KTP & KK sebagai syarat pinjaman.

4. Jika anda meminjam melalui referensi teman / kerabat anda yang sudah memiliki nama baik di koperasi ybs, pasti pinjaman anda akan langsung disetujui. Namun jika tidak, maka anda diminta menunggu beberapa hari karena menunggu antrian pencairan pinjaman nasabah (bukan untuk disurvey). Seperti yang sudah saya katakan, nasabah yang telah memiliki nama baik tentu akan diprioritaskan terlebih dahulu untuk mendapatkan dana segar.

5. Jika pinjaman anda sudah dicairkan, maka anda hanya mendapat total 90% dari jumlah pinjaman maksimal. Potongan 10% digunakan untuk tabungan yang nanti bisa anda ambil jika angsuran sudah lunas. Dengan catatan anda tidak mengajukan pinjaman baru.

6. Nah, inilah proses yang paling menyedihkan menurut saya. Yakni mengangsur pinjaman hingga lunas. Biasanya koperasi simpan pinjam mematok bunga yang sangat tinggi untuk tenor pinjaman yang sangat singkat. Ada yang maksimal hanya 1 bulan, ada yang 2 bulan. Bunganya sekitar 30% untuk untuk tenor yang sesingkat itu.

Sebagai gambaran, silakan baca artikel kami sebelumnya Pengalaman Meminjam Di Koperasi Simpan Pinjam.

Satu pesan kami, berhati-hatilah dalam berhutang. Selama masih punya barang yang bisa dijual, rasanya lebih bijak jika anda menjual barang tersebut daripada berhutang. Baca Cara Cepat Melunasi Hutang.