Pedoman Wajib Agar Hutang Lunas Dengan Tuntas

Melunasi Hutang Sampai Tuntas

Tidak Mudah, Tapi Pasti Bisa


Dalam melunasi hutang hingga tuntas, ada beberapa pedoman / pola pikir yang harus anda pegang teguh. Tetaplah fokus pada pedoman itu hingga semua hutang anda lunas. Jangan sampai hilang fokus hanya karena emosi (takut, cemas, gelisah, marah, dsb).

Sebab jika anda kehilangan fokus sedikit saja, bukannya tuntas yang akan anda dapatkan. Melainkan adalah hutang yang semakin menumpuk dan seakan tak memiliki jalan keluar. Berikut adalah pedoman-pedoman penting dalam melunasi hutang:

Kuasai diri anda apapun kondisinya. Walaupun sedang sibuk, sedang marah, sedih, bahkan ketika sedang ditelepon secara terus-menerus oleh si penagih hutang, anda harus tetap tenang dan berpikir jernih. Jangan sampai anda termakan oleh emosi anda. Ini penting agar anda bisa fokus dan tidak salah langkah dalam mengambil keputusan.

Tanamkan dalam diri anda bahwa lebih baik bebas hutang dan tidak memiliki apapun, daripada memiliki segalanya tapi banyak hutang. Jual barang yang bisa dijual untuk meringankan beban hutang anda. Jika ada motor / mobil yang masih kredit, kembalikan saja ke leasing. Ingat poin di atas, jangan sampai emosi (gengsi) menghalangi anda dalam melunasi hutang.

Jangan pernah memakai sistem gali lubang tutup lubang untuk membayar hutang anda. Percayalah, sistem ini tidak akan menyelesaikan permasalahan hutang anda. Gali lubang tutup lubang justru akan semakin menjerumuskan anda. Apalagi jika anda membuat lubang baru dengan cara meminjam uang ke rentenir ataupun koperasi simpan pinjam yang sedang marak saat ini.


Hadapi debt collector / penagih hutang dengan cerdas. Untuk yang satu ini sudah saya bahas di artikel sebelumnya. Intinya jangan pernah berbohong ataupun menghindar dari si penagih hutang. Selengkapnya bisa anda baca di Cara Cerdas Menghadapi Penagih Hutang.

Jangan pernah berpikiran bahwa anda harus mencari uang dalam jumlah sangat besar untuk melunasi hutang anda. Dan jangan pernah berkeinginan untuk langsung melunasi hutang anda saat ini juga. Kedua hal itu bisa dibilang mustahil. Lebih baik tetaplah fokus bekerja untuk mendapatkan / menambah penghasilan dan beribadah. Berapapun yang didapat, gunakan untuk mencicil hutang-hutang anda.

"Jangan biarkan kedua hal itu mengacaukan usaha & ibadah anda. Sedikit apapun, cicil hutang anda sedikit demi sedikit hingga lunas."

Demikianlah beberapa pedoman wajib dalam melunasi hutang sampai tuntas. Tanamkan pedoman-pedoman di atas sebelum anda mulai action untuk melunasi hutang. Lalu lanjutkan membaca artikel di bawah ini:


Salam mapan, demi masa depan keuangan yang lebih baik. (ctr)