Pengalaman Hutang ke Rentenir

Terpaksa Pinjam Uang ke Rentenir

Kondisi Keuangan Semakin Parah


AYO MAPAN - Melanjutkan artikel sebelumnya tentang Cara Melunasi Hutang Rentenir, kali ini saya akan membeberkan pengalaman saat meminjam uang ke lintah darat tersebut.

Begini ceritanya:

Kejadiannya sekitar 5 tahun yang lalu. Saat itu kondisi keuangan saya sangat terpuruk. Hutang di mana-mana, semuanya sudah jatuh tempo, dan setiap hari selalu didatangi para penagih hutang.

Intinya, pikiran saya kacau balau. Ketidaktenangan dan ketakutan adalah penyebab saya melakukan kesalahan ini (berhutang ke rentenir).

Tak banyak sih, hanya Rp 1 juta. Uang hasil pinjaman tersebut saya gunakan untuk mencicil hutang lainnya. Akhirnya, terperosoklah saya ke dalam jurang 'mematikan' yakni gali lubang tutup lubang.

Parahnya lagi, saya harus mengembalikan uang tersebut sebesar Rp 1,2 juta (termasuk bunga) dengan cicilan sebesar Rp 100 ribu x 12.

Dari awal saya memang sudah tahu tentang nominal dan sistem cicilan pengembaliannya. Namun apa daya, yang ada di otak ini hanyalah ketakutan dan kebingungan.

Oh iya, angka 12 di atas bukan dalam satuan bulan lho, melainkan minggu. Jadi dengan kata lain saya harus mencicil Rp 100 ribu setiap minggunya sebanyak 12 kali. Mari kita hitung bunganya.

(Rp 1,2 juta - Rp 1 juta) : Rp 1 juta x 100% = 20%.

Untuk pinjaman dengan durasi hanya 12 minggu (3 bulan), saya harus membayar bunga sebesar 20% dari total pinjaman. Angka yang sangat besar untuk durasi yang sesingkat itu. WOW!

Itulah yang menyebabkan keuangan keluarga saya semakin terpuruk kala itu. Penyesalan memang selalu datang belakangan. Dan bahkan hingga sekarang (walaupun hutang-hutang sudah lunas), saya masih menganggap diri saya bodoh atas hal itu.

Lantas apa yang saya lakukan sehingga akhirnya bisa lolos dari jeratan rentenir? Dan bagaimana cara saya dalam melunasi semua hutang? Silakan lanjutkan membaca artikel di bawah ini. Salam Mapan, demi masa depan keuangan yang lebih baik! (ctr)

Terjerat Hutang Rentenir? Ini Solusinya!

BACA JUGA
Pengalaman Pinjam Uang di KSP
Cara Cerdas Hadapi Penagih Hutang
Pinjaman Tanpa Jaminan? Bisa!